Assalamualaikum wr. wb. blog ini menyangkut tentang olahraga badminton .Badminton adalah olahraga yang menyenangkan dan menyehatkan. Untuk menjadi pemain badminton yang tangguh Anda harus memiliki kaki yang lincah, teknik yang kuat, dan juga strategi yang cerdik. Jika Anda sudah mengerti cara bermain badminton dan ingin menjadi lebih baik lagi, maksimalkanlah permainan Anda dan manfaatkan kelemahan lawan.

Berikut Tips Agar anda bisa Jago dalam olahraga Badminton

1.Tips latihan Forehand
Hasil gambar untuk forehand badminton hd
Jenis pukulan ini menjadi pukulan yang sering dilakukan. Jenis pukulan ini pula yang menjadi dasar dalam permainan bulutangkis. Forehand merupakan pukulan yang di ayun dari belakang badan kita dengan arah depan raket dan telapak tangan kita menghadap shuttlecock. 



2.Tips Latihan Drop Shot

Hasil gambar untuk drop shot badminton hd
Drop Shot adalah pukulan yang dilakukan seperti smash. Perbedaannya hanya pada posisi raket pada saat akan melakukan pukulan. Jika smash di lakukan dengan kekuatan penuh, maka Dropshot hanya di pukul dengan dorongan atau sentuhan yang halus. Dropshot yang baik dilakukan jika jatuhnya shuttlecock dekat dengan net dan tidak melebihi garis ganda. 

Pukulan Dropshot memiliki karakterisktik yang unik. Jatuhnya shuttlecock mesti dekat dengan jaring di daerah lawan. Faktor posisi tubuh, pegangan raket, gerak kaki dan perpindahan berat badan yang harmonis pada saat memukul menjadi faktor yang amat menentukan. Dropshot akan semakin mematikan jika dipadukan dengan gerak tipu. 


3.Tips Latihan Flick Service

Hasil gambar untuk Flick Service badminton hd

Flick Service adalah service yang dilakukan secara cepat/tiba-tiba ke arah bagian belakang lawan dengan tujuan mengecoh lawan. Teknik ini mirip dengan backhand service tetapi kock dipukul dengan cepat dengan arah setengah tinggi.

Berikut cara melakukan Flick service:
1. Sikap berdiri adalah kaki kanan di depan kaki kiri, dengan ujung kaki kanan mengarah ke sasaran yang diinginkan. Kedua kaki terbuka selebar pinggul, lutut dibengkokkan, sehingga dengan sikap seperti ini, titik berat badan berada di antara kedua kaki. Jangan lupa, sikap badan tetap rileks dan penuh konsentrasi.

2. Lakukan pukulan dengan cepat dengan arah shuttlecock setengah tinggi ke arah garis ganda bagian belakang.

3. Sebelum melakukan flick service, perhatikan posisi dan sikap berdiri lawan, sehingga shuttlecock yang diarahkan, tidak mudah di smash oleh lawan.

4. Biasakan berlatih dengan jumlah kock yang banyak dan berulang-ulang tanpa mengenal rasa bosan, sampai dapat menguasai gerakan dan keterampilan service ini dengan baik/sempurna. 


4. Tips Latihan Netting


Netting adalah jenis pukulan yang dilakukan di dekat net yang dipukul dengan sentuhan halus namun akurat. Tujuan dilakukan netting adalah supaya shuttlecock yang jatuh di bidang lawan jatuh sedekat mungkin dekat net. Koordinasi gerak kaki, lengan, keseimbangan tubuh, posisi raket dan shuttlecock saat perkenaan, dan tentunya konsentrasi saat memukul shuttlecock menjadi faktor penting.

5. Tips Latihan Drive


Pukulan cepat dan mendadak yang banyak dilakukan dalam permainan ganda. Tujuannya untuk menghindari lawan menyerang atau memaksa lawan untuk mengangkat shuttlecock. Pukulan ini menuntut untuk trampil dalam memainkan grip raket, reflek yang cepat dan kekuatan dalam pergelangan tangan. Drive yang ditembak dapat secara diagonal menyilang atau lurus ke depan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan:


1. Pindahkan pegangan raket/grip dengan cepat

2. Selain menggunakan kekuatan bahu, drive juga menggunakan Lecutan pada pergelangan tangan pada saat bola dipukul.

Langkah-langkah untuk melakukan Drive:

- Peganglah raket seperti hendak melakukan pukulan forehand atau segera putar raket ke posisi hendak memukul backhand jika akan melakukan drive backhand.  

- Posisi kaki harus menunjuk ke arah sideline

- Pegangan forehand dan gerakan backswing raket, sejajar dengan lantai dan juga telapak tangan

- Gunakan unsur berat badan pada saat mengayunkan lengan raket ke depan

- Pukul shutlecock dengan posisi di depan raket

- Putar raket untuk melakukan pukulan drive menyilang

- Ikuti secara alami sesuai dengan lengan raket.

Sekian Tips Latihan yang saya berikan kepada anda 
Semoga sangat bermanfaat untuk Badminton Lovers semua, Terimakasih sudah membaca artikel sederhana ini :) kami ucapkan Terimakasih !!!




Komentar